JudulAnalisis Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep IPAS Kurikulum Merdeka Belajar Kelas V SD Islam Khalifah Palu |
Nama: CANDRA NUR CAHYANI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami konsep IPAS tetap merupakan tantangan yang perlu diatasi. Oleh karena itu, guru harus mencari dan menerapkan berbagai strategi pembelajaran yang efektif untuk memperkuat pemahaman siswa tentang konsep-konsep IPAS. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemahaman konsep IPAS kurikulum merdeka belajar kelas V SD Islam Khalifah Palu. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 19 orang. Teknik pengumpulan data meliputi, observasi, wawancara, angket, dan tes soal. Data yang telah diperoleh kemudian di analisis menggunakan analisis deskriptif. Dari penelitian ini didapatkan hasil bahwa sebanyak 68,42% siswa merasa menyenangkan pelajaran IPAS menggunakan model PBL, dan hasil tes menunjukkan bahwa model pembelajaran PBL tehadap kemampuan pemahaman konsep IPAS siswa masih perlu ditingkatkan dengan rata-rata nilai 58,94 dibawah KKM 65. Penelitian ini mengidentifikasi bahwa meskipun ada peningkatan dalam pemahaman konsep IPAS, masih ada kesenjangan yang perlu diatasi dengan mengoptimalkan implementasi PBL dan memperbaiki strategi pembelajaran yang ada. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan pembelajaran IPAS di sekolah dan memberikan pandangan baru tentang bagaimana model pembelajaran berbasis masalah dapat diadaptasi dan disempurnakan untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran siswa yang beragam. |