JudulIdentifikasi Potensi Kearifan Lokal Di Kelas IV SD Negeri 1 Talise Sebagai Sumber Belajar Dalam Kurikulum Merdeka |
Nama: FENIAR S AHMAD |
Tahun: 2024 |
Abstrak Feniar S. Ahmad, 2024 “Identifikasi Potensi Kearifan Lokal di Kelas IV SD Negeri 1 Talise Sebagai Sumber Belajar Dalam Kurikulum Merdeka”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Herlina. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah potensi kearifan lokal di kelas IV SD Negeri 1 Talise dapat dijadikan sumber belajar dalam pembelajaran menggunakan kurikulum merdeka? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi kearifan lokal di kelas IV SD Negeri 1 Talise Sebagai Sumber Belajar Dalam Kurikulum Merdeka. Jenis penelitian yang digunakan adlaah penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data dikumpulkan, dilakukan tehnik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa potensi kearifan lokal di kelas IV sebagai sumber belajar dalam kurikulum merdeka telah terlaksana dan masuk pada kategori baik dengan hasil presentase 70%. Guru telah mengidentifikasi potensi kearifan lokal sebagai sumber belajar dalam kurikulum merdeka. Adapun yang menjadi kesulitan dalam mengidentifikasi potensi kearifan lokal sebagai sumber belajar dalam kurikulum merdeka adalah pembuatan modul ajar dan cara penyesuaian dalam pembelajaran. Dan yang menjadi hambatan adalah kurangnya keikutsertaan orang tua dalam pembelajaran. Kata Kunci : Potensi kearifan lokal, kurikulum merdeka |