JudulMeningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Di SD Inpres 1 Tanamodindi |
Nama: ANAK AGUNG ADE PUTRA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Anak Agung Ade Putra, (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Melalui model Pembelajaran Koperatif Tipe Make A Match Siswa Kelas V SD Inpres 1 Tanamodindi. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Nashrullah, S.Pd.I., M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V di SD Inpres 1 Tanamodindi. Penelitian ini dilaksanakan melalui dua siklus yaitu siklus I dan berakhir di siklus II karena dinyatakan telah berhasil, Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian siswa Kelas V di SD Inpres 1 Tanamodindi yang berjumlah 20 siswa, terdiri dari 8 laki-laki dan 12 perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes soal pilihan ganda, lembar observasi siswa dan guru, wawancara dan dokumentasi. Data pada penelitian ini di ambil berdasarkan data hasil tes pretest dan posttest. Adapun hasil analisis tes dilakukan pada siklus II, diketahui dari 20 orang siswa yang mengikuti tes dan seluruhnya tuntas sehingga persentase ketuntasan belajar klasikal mencapai 100%. Peningkatan hasil belajar ini tersebut telah mencapai indikator yang ditetapkan yaitu KBK lebih dari atau sama dengan 75%, sedangkan daya serap klasikal mencapai 89,5% yang juga telah mencapai indikator yang ditetapkan yaitu DSK lebih dari atau sama dengan 75%. Berikut ini adalah uraian peningkatan hasil analisis tes hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Siklus I ketuntasan belajar klasikal 60% meningkat menjadi 100% pada tindakan siklus II serta persentase ketuntasan daya serap individu pada siklus I 70% meningkat menjadi 89,5% pada siklus II pada proses pembelajaran IPS. |