Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD INPRES 1 TANAMODINDI
Nama: NOVIA DEWI SANTIKA TANGGOLU
Tahun: 2025
Abstrak
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Inpres 1 Tanamodindi”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing: Nuraini. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres 1 Tanamodindi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperimen designs non equivalent pretest-posttest experimental control group design. Populasi dalam penelitian adalah kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan IV B sebagai kelas kontrol. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas eksperimen yang berjumlah 19 orang dan kelas kontrol yang berjumlah 19 orang dengan jumlah keseluruhan 38 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis berbantuan program IBM SPSS Statistic 25. Berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan uji Paired Samplet Test diperoleh nilai signifikan (sig.2-tailed) dari Pretest dan Posttest kelas eksperimen sebesar 0,000 ? 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres 1 Tanamodindi. Kata Kunci : Problem Based Learning (PBL), Hasil belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up