Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPERAN GURU DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD INPRES 3 TONDO
Nama: HASNI NUR AFNI
Tahun: 2025
Abstrak
ABSTRAK Hasni Nur Afni, 2025. Peran Guru dalam Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Inpres 3 Tondo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing, Rizal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Inpres 3 Tondo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, di mana peneliti bertindak sebagai instrumen utama. Data diperoleh melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil observasi menunjukkan bahwa meskipun infrastruktur sekolah dan kualitas sumber daya manusia (SDM) memadai, penerapan Kurikulum Merdeka belum sepenuhnya optimal. Proses pembelajaran masih didominasi oleh pendekatan tradisional yang berpusat pada guru dan buku teks, menyebabkan siswa pasif dan kurang terlibat dalam diskusi. Dominasi metode ceramah dan pemberian tugas rumah (PR) juga menghambat kemampuan pemecahan masalah siswa dan berkontribusi pada rendahnya motivasi belajar. Wawancara mendalam dengan beberapa siswa menunjukkan adanya variasi dalam motivasi dan kemampuan presentasi. Siswa dengan motivasi tinggi, seperti DI, menunjukkan inisiatif, persiapan proaktif, dan pemahaman yang baik tentang elemen presentasi yang efektif, seperti penggunaan alat bantu visual dan gestur. Sebaliknya, siswa seperti JE menunjukkan rasa malu dan keterbatasan dalam interaksi, meskipun tetap memiliki motivasi untuk berbagi pengetahuan. Secara keseluruhan, penelitian ini menyoroti bahwa peran guru sebagai fasilitator dan motivator belum sepenuhnya terimplementasi. Pembelajaran yang monoton dan minimnya variasi dalam metode pengajaran menjadi kendala utama. Meskipun guru menghadapi tantangan seperti kurangnya buku penunjang dan rendahnya minat siswa, diperlukan perbaikan signifikan dalam strategi pengajaran untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif, menarik, dan berpusat pada siswa agar motivasi dan hasil belajar dapat meningkat sesuai dengan esensi Kurikulum Merdeka. Kata Kunci: Peran Guru, Peningkatan Hasil Belajar, Bahasa Indonesia

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up