Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Di Kelas IV SD Inpres 2 Birobuli
Nama: RAHMADANI
Tahun: 2024
Abstrak
Rahmadani, (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS di Kelas IV SD Inpres 2 Birobuli. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Nashrullah Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di kelas IV dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) berbantuan media audio visual. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Inpres 2 Birobuli tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 38 siswa, 20 siswa dari kelas eksperimen dan 18 siswa dari kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Pengambilan data dilakukan menggunakan tes pilihan ganda. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Pengujian hipotesis dilakukan dengan mengguakan analisis paired sampel t test dengan berbantukan SPSS Statistic Versi 29. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa nilai sig yaitu 0,001 atau nilai sig < dari taraf yang ditetapkan yaitu 0,05 (0,001 < 0,05), artinya H? diterima dan H? ditolak. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di kelas IV SD Inpres 2 Birobuli. Kata kunci: Numbered head together, media audio visual, dan hasil belajar siswa

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up