JudulPengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Wordwall Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPAS Di Kelas V SD Inpres 2 Birobuli |
Nama: HIKMAWATI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Hikmawati, (2024). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Wordwall Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPAS di Kelas V SD Inpres 2 Birobuli. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Nur Rahmah. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa pada pembelajaran IPAS. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model Discovery Learning berbantuan Wordwall terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran IPAS di kelas V SD Inpres 2 Birobuli. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental designs dengan One group pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Inpres 2 Birobuli yang berjumlah 25 orang, terdiri dari 16 orang siswa laki-laki dan 9 orang siswa perempuan. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi angket, tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan terdiri atas uji normalitas dan uji hipotesis dengan berbantuan program IBM SPSS Statistics 29. Berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan uji Paired sample t test pada taraf nyata 5% (0,05) diperoleh nilai signifikan < 0,001 maka hasil penelitian ini menunjukkan hasil nilai signifikan < 0,001 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh model Discovery Learning berbantuan wordwall terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran IPAS di kelas V SD Inpres 2 Birobuli. Pembelajaran menggunakan model Discovery Learning Berbantuan Wordwall dapat membangun lingkungan belajar yang menarik sehingga meningkatkan minat belajar siswa. Kata kunci: Discovery learning, wordwall, minat belajar . |