Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulAnalisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita IPA Di Kelas VI SDN 23 Sindue
Nama: LISDALIFA SIMATUPANG
Tahun: 2025
Abstrak
Simatupang, Lisdalifa. 2024. “Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita IPA Di Kelas VI SDN 23 Sindue”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing : Nur Rahmah Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui kesulitan yang dialami siswa kelas VI SDN 23 Sindue dalam menyelesaikan soal cerita IPA. (2) Mengetahui faktor yang menyebabkan siswa kelas VI SDN 23 Sindue mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita IPA. (3) Mengetahui upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesulitan siswa kelas VI SDN 23 Sindue dalam menyelesaikan soal cerita IPA. Jenis penelitian yang digunakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 23 Sindue tahun pelajaran 2023/2024 berjumlah 10 orang. Teknik pengumpulan data berupa tes, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Siswa dengan kemampuan pemecahan masalah dalam kategori tinggi tidak mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita, siswa dengan kemampuan pemecahan masalah dalam kategori sedang mengalami kesulitan pada tahapan ketiga yaitu mengimplementasikan penyelesaian yang tepat, siswa dengan kemampuan pemecahan masalah dalam kategori rendah mengalami kesulitan pada tahapan kedua dan ketiga yaitu mencari penyelesaian dan mengimplementasikan penyelesaian, bahkan siswa mengalami kesulitan pada semua tahapan pemecahan masalah dimulai dengan mengkontruksi masalah, mencari penyelesaian dan mengimplementasikan penyelesaian yang tepat. (2) Faktor penyebab kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita IPA yaitu ketidakmampuan siswa untuk memahami masalah yang berkaitan, siswa kurang mampu dalam menentukan penyelesaian yang tepat karena siswa tergesa-gesa saat mengerjakan soal dan tidak teliti saat mengerjakan.(3) Upaya yang bisa dilaksanakan yakni guru membiasakan siswa mengerjakan soal tipe pemecahan masalah di soal cerita terkait fenomena alam. Kata Kunci: Kesulitan Belajar; Pemecahan Masalah; IPA

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up