Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMANAJEMEN KELAS PEMBELAJARAN SENI MUSIK BARANG BEKAS BERBASIS PjBL DENGAN PENDEKATAN STEAM UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DI KELAS IV SD INPRES 1 TATURA
Nama: NI LUH DEWI PUSPITA
Tahun: 2024
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa pada manajemen kelas pembelajaran seni musik barang bekas berbasis PjBL dengan pendekatan STEAM. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Tanggart. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Inpres 1 Tatura tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 23 siswa terdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan. Analisis data terdiri dari lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi kreativitas siswa. Hasil penelitian observasi kreativitas siswa yang diperoleh yaitu pada siklus I diperoleh ketuntasan klaksikal kreativitas siswa 65,21?n pada siklus II naik dengan diperolehnya ketuntasan klaksikal kreativitas siswa 78,26%. Selain itu, berdasarkan hasil observasi aktivitas guru maupun aktivitas siswa dalam pelaksanaan pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I observasi aktivitas guru 85,52% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 97,36%. Pada observasi aktivitas siswa siklus I diperoleh 69,56?n pada siklus II hasilnya mengalami peningkatkan menjadi 78,26%. Meningkatnya kreativitas siswa, aktivitas guru dan aktivitas siswa dikarenakan model pembelajaran berbasis PjBL dengan pendekatan STEAM adalah model pembelajaran yang menghasilkan suatu proyek, dibuat dengan menggunakan pendekatan yang merupakan gabungan dari beberapa ilmu pengetahuan yaitu sains, teknologi, teknik, seni dan matematika sehingga menghasilkan pembelajaran yang lebih aktif, kreatif, inovatif dan menyenangkan. Serta membantu siswa untuk lebih berfikir kritis dalam menyelesaikan sebuah permasalahan dalam dunia pendidikan. Proyek yang di hasilkan adalah alat musik botol kaca bekas yang dibuat berkolaborasi dengan siswa berbasis PjBL dengan pendekatan Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up