JudulANALISIS KESULITAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS II SD INPRES BUMI SAGU |
Nama: NURUL INTAN MONOARFA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Nurul Intan Monoarfa, 2024. “Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas II SD Inpres Bumi Sagu”. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing: Dr. Zul Nuraini, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesulitan membaca permulaan pada siswa kelas II SD INPRES Bumi Sagu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II dan subjek yang menjadi narasumber ialah guru kelas II. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 4 siswa yang mengalami kesulitan membaca permulaan yang disebut dengan Sb (subjek 1), Fl (subjek 2), Zh (subjek 3) dan Hd (subjek 4). Jenis-jenis kesulitan yang dialami siswa terdapat kurang mengenal huruf, kesulitan mengeja, kesulitan dalam melafalkan huruf, kesulitan melihat jarak jauh, kurangnya daya ingat dan kesalahan dalam penggantian huruf dengan menggunakan lembar teks membaca permulaan yang disediakan yaitu mengenal huruf, membaca suku kata, membaca kata dan teks membaca . Terdapat 2 subjek yang mengalami kesulitan dalam pengenalan huruf, terdapat 4 subjek yang mengalami kesulitan mengeja, terdapat 4 subjek yang mengalami kesulitan melafalkan huruf, terdapat 1 subjek yang mengalami kesulitan melihat jarak jauh, terdapat 4 subjek yang mengalami kurangnya daya ingat dan terdapat 4 subjek yang mengalami kesalahan penggantian huruf. Dapat disimpulkan bahwa ke empat subjek tersebut memiliki jenis kesulitan yang hampir sama dan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Kata Kunci: Analisis Kesulitan Membaca Permulaan, Siswa, Sekolah Dasar. |