JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBANTUAN MEDIA KINCIR PINTAR PELANGI (KINTARI) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II SDN TABARODEA |
Nama: MILA AULIA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Mila, (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Berbantuan Media Kincir Pintar Pelangi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II SDN Tabarodea. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing, Sarintan N Kaharu, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Berbantuan Media Kincir Pintar Pelangi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II SDN Tabarodea. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) penelitian dengan tindakan yang dilakukan di kelas. Model PTK yang digunakan dalam penelitian ini adalah model spiral Kemmis-Mc. Taggart. Model tersebut dilaksanakan dalam bentuk siklus berulang yang didalamnya terdapat empat tahapan, yaitu perencanaan, (planning), tindakan (acting), pengamatan (observising), refleksi (reflecting). Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tabarodea, tahun ajaran 2023/2024 dengan subjek penelitian siswa kelas II yang berjumlah 17 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Adapun teknik yang dilakukan dalam pengumpulan data penelitian ini adalah Non Tes dan Tes. Pengumpulan data non tes yaitu Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Sedangkan pengumpulan data melalui Tes berupa Tes Soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama proses kegiatan pembelajaran dengan penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together Berbantuan Media Kincir Pintar Pelangi, kegiatan pembelajaran lebih menarik dan membuat siswa menjadi lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siklus I yang memperoleh presentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 64,7?ri pelaksanaan Pra Tindakan yang memperoleh presentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 35%. Selanjutnya pada siklus II, peningkatan hasil belajar siswa semakin terlihat signifikan dimana hasil presentase ketuntasan belajar klasikal yang diperoleh sebesar 88,23%, yang menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 23,53%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Berbantuan Media Kincir Pintar Pelangi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II SDN Tabarodea dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Hasil Belajar, Numbered Head Together, Kincir Pintar Pelangi, Bahasa Indonesia. |