Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Model Discovery Learning Berbantukan Media Video Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SD Inpres 1 Tanamodindi
Nama: MULKI RAMADHANI
Tahun: 2024
Abstrak
ABSTRAK Mulki Ramadhani, (2024). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SD Inpres 1 Tanamodindi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing : Sarintan N. Kaharu S.Pd.,M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh terhadap hasil belajar IPAS menggunakan model Discovery Learning berbantuan media video. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Inpres 1 Tanamodindi tahun ajar 2024 yang berjumlah 43 siswa, 22 siswa dari kelas eksperimen dan 21 siswa dari kelas control. Pengambilan sampel menggunakan Teknik Purposive Sampling. Pengambilan data dilakukan menggunakan tes soal-soal pilihan ganda. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis Paired Sampel T-Test dengan berbantuan SPSS Statistic 26. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai sig yaitu 0,000 atau nilai sig < dari taraf yang ditetapkan yaitu 0,05 (0,000 < 0,05), artinya H? diterima dan H? ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model Discovery Learning berbantuan media video terhadap hasil belajar IPAS siswa di kelas IV SD Inpres 1 Tanamodindi. Kata kunci : Discovery Learning, media video, dan hasil belajar IPAS

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up