JudulPENGARUH PENERAPAN MODEL INQUIRY BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II PADA MUATAN BAHASA INDONESIA SD INPRES 3 TONDO |
Nama: SINTA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Sinta, (2024). Pengaruh Penerapan Model Inquiry Berbantuan Media Video Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II Pada Muatan Bahasa Indonesia SD Inpres 3 Tondo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing. Sarintan N Kaharu. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran inquiry berbantuan media video terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas II pada muatan Bahasa indonsesia SD Inpres 3 Tondo. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental tipe non-equivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas II SD Inpres 3 Tondo yang berjumlah 44 orang. Jumlah siswa kelas eksperimen sebanyak 21 orang dan jumlah siswa kelas kontrol 23 orang. Pengambilan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan terdiri atas uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan berbantuan program IBM SPSS Statistic 26. Hasil perhitungan menggunakan uji Independent sample T Tes menunjukkan nilai signifikansi kemampuan membaca permulaan siswa yaitu 0,000. Pengujian dilakukan dengan taraf signifikansi 5% (0,05). Kriteria pengambilan keputusan untuk menerima atau menolak data hasil analisis Independent sample T Tes dengan taraf nilai signifikansi < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil uji T Test ini menandakan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model inquiry berbantuan media video terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas II pada muatan bahasa indonesia SD Inpres 3 Tondo. Kata kunci: inquiry, media video, kemampuan membaca permulaan siswa. |