JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTU MEDIA BARANG BEKAS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA DI KELAS V SD INPRES 1 TANAMODINDI |
Nama: FENNY ARMENITA TOBIGO |
Tahun: 2024 |
Abstrak Fenny Armenita Tobigo, (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantu Media Barang Bekas Terhadap Pemahaman Konsep IPA di Kelas V SD Inpres 1 Tanamodindi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Saritan N. Kaharu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh terhadap pemahaman konsep IPA di kelas V dengan menggunakan model pembelajaran project based learning berbantu media barang bekas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Inpres 1 Tanamodindi tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 46 siswa, 25 siswa dari kelas eksperimen dan 21 siswa dari kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Pengambilan data dilakukan menggunakan tes pilihan ganda. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Pengujian hipotesis dilakukan dengan mengguakan analisis paired sampel t test dengan berbantukan SPSS Statistic Versi 23. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa nilai sig yaitu 0,000 atau nilai sig < dari taraf yang ditetapkan yaitu 0,05 (0,000 < 0,05), artinya H? diterima dan H? ditolak. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran project based learning berbantu media barang bekas terhadap pemahaman konsep IPA di Kelas V SD Inpres 1 Tanamodindi. Kata kunci: Project based learning, media barang bekas, dan pemahaman konsep. |