JudulPENGARUH MEDIA POP UP BOOK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS III DI SD DDI PALU |
Nama: NUR FIDYATUN |
Tahun: 2024 |
Abstrak Nur Fidyatun, (2024). Pengaruh Media Pop Up Book terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas III SD DDI Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Nurul Fitriah Aras S.Pd., M.Pd Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh media pop up book terhadap motivasi belajar siswa di kelas III SD DDI Palu. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan one group pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas III SD DDI Palu yang berjumlah 13 orang. Pengambilan data yang dilakukan menggunakan angket sebelum dan angket sesudah diberi perlakuan. Analisis data yang dilakukan terdiri atas analisis deskriptif dan uji hipotesis dengan berbantuan program IBM SPSS Statistics 27. Berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan uji paired sample T test pada taraf nyata 5% (0,05) diperoleh nilai signifikan 0,000 maka hasil penelitian ini menunjukkan hasil nilai signifikan 0,000 < 0,05 maka Ho (hipotesis nol) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media pop up book terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas III SD DDI Palu. Kata kunci: Media Pop Up Book, Motivasi Belajar, Mata Pelajaran IPA, Siswa SD |