JudulMeningklatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPAS Melalui Metode Inkuiri Di Kelas IV SD Inpres 2 Birobuli |
Nama: ROHMIATUN |
Tahun: 2024 |
Abstrak Rohmiatun, (2024). Metode Inkuiri dalam Meningkatkan hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPAS Melalui Metode Inkuiri Di Kelas IV SD Inpres 2 Birobuli. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Nashrullah, S.Pd.I., M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPASsiswa kelas IV di SD Inpres2 Birobuli. Penelitian ini dilaksanakan melalui dua siklus yaitu siklus I dan berakhir di siklus II karena dinyatakan telah berhasil, Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian siswa Kelas IV di SD Inpres 2 Birobuli yang berjumlah 22 siswa, terdiri dari 10 laki-laki dan 12 perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes soal pilihan ganda, lembar observasi siswa dan guru, wawancara dan dokumentasi. Data pada penelitian ini di ambil berdasarkan data hasil tes pretest dan posttest. Adapun hasil analisis tes dilakukan pada siklus II, diketahui dari 22 orang siswa yang mengikuti tes hanya 3 orang siswa yang tidak tuntas sehingga persentase ketuntasan belajar klasikal mencapai 86,36%. Peningkatan hasil belajar ini tersebut telah mencapai indikator yang ditetapkan yaitu KBK lebih dari atau sama dengan 75%, sedangkan daya serap klasikal mencapai 80% yang juga telah mencapai indikator yang ditetapkan yaitu DSK lebih dari atau sama dengan 75%. Berikut ini adalah uraian peningkatan hasil analisis tes hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Siklus I ketuntasan belajar klasikal 54,54% meningkat menjadi 86,36% pada tindakan siklus II serta persentase ketuntasan daya serap individu pada siklus I 69,31% meningkat menjadi 80% pada siklus II pada proses pembelajaran IPAS Kata Kunci: Metode Inkuiri; Hasil Belajar: Pembelajaran IPAS |