JudulANALISIS GEJALA STEREOTIP PADA LUKISAN SISWA KELAS IV DI SDN TABARODEA |
Nama: NURYANI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Nuryani, (2024). Analisis Gejala Stereotip pada Lukisan Siswa Kelas IV di SDN Tabarodea. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Kadek Hariana, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gejala stereotip yang muncul pada lukisan siswa kelas IV di SDN Tabarodea tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 21 orang terdiri dari 12 orang siswa perempuan dan 9 orang siswa laki-laki. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan tiga acara yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian terhadap lukisan siswa ditemukan tiga jenis gejala perulangan atau stereotip yang muncul pada lukisan siswa yaitu perulangan total, perulangan objek, dan perulangan unsur. Perulangan total merupakan situasi siswa meniru atau membuat kembali lukisan yang sudah ada atau yang sudah pernah mereka buat. Perulangan objek yaitu situasi siswa mengulangi objek yang ada pada lukisan seperti pada objek padi yang dibuat menggunakan simbol āvā. Kemudian perulangan unsur adalah ketika siswa mengulangi sebuah unsur tertentu pada lukisannya seperti perulangan unsur titik yang dilakukan siswa untuk menciptakan bentuk biji pada buah semangka. Munculnya ketiga gejala stereotip ini didasari oleh dua faktor yaitu faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik. Faktor intrinsik merupakan niat serta minat yang ada pada diri siswa yang masih kurang sehingga tingkat kreativitas mereka masih tergolong rendah dalam menciptakan sebuah lukisan. Sedangkan faktor ekstrinsik adalah peran guru dalam memotivasi dan meningkatkan kreativitas siswa. Kata kunci: Stereotip, lukisan, siswa |