JudulHubungan Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 1 Talise |
Nama: ASTI AGITA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Asti Agita, 2024. “Hubungan Keterampilan Mengajar Guru terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 1 Talise”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Dr. Herlina S.Pd., M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah ada hubungan keterampilan mengajar guru dengan hasil belajar siswa kelas V SDN 1 Talise?. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan keterampilan mengajar guru dengan hasil belajar siswa kelas V SDN 1 Talise. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik korelasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa SDN 1 Talise berjumlah 81 Siswa terdiri dari 47 siswa laki laki dan 34 siswa perempuan. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V berjumlah 18 siswa terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan. Analisis data menggunakan analisis inferensial dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara keterampilan mengajar guru dengan hasil belajar siswa kelas V SDN 1 Talise. Hasil analisis product moment menunjukkan bahwa rhitung lebih besar dari rtabel atau 0.677 lebih besar dari 0.468. Artinya hipotesis nihil atau H0 ditolak dan hipotesis alternatif atau Ha diterima, dengan demikian ada hubungan signifikan antara keterampilan mengajar guru dengan hasil belajar siswa kelas V SDN 1 Talise. Kata Kunci : Keterampilan Mengajar Guru, Hasil Belajar. |