JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SD INPRES 2 BIROBULI |
Nama: FILDA RABILI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Filda Rabili, (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V SD Inpres 2 Birobuli. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Herlina. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di SD Inpres 2 Birobuli. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian One group pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Inpres 2 Birobuli yang berjumlah 28 siswa yang terdiri dari 20 laki-laki dan 8 perempuan dengan teknik pengambilan sampel yaitu Saturation Sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes pilihan ganda dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik inferensial dan uji hipotesis yang berbantuan SPSS 25. Berdasarkan hasil uji data yang telah dilakukan, hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPAS di kelas V SD Inpres 2 Birobuli. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji Paired Sampel T Test yang diperoleh adalah sebesar 0,000, berdasarkan hasil uji hipotesis pada nilai signifikan T-test 0,00< 0,05 penelitian ini telah membuktikan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Kata Kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar, IPAS |