JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN DADU BERCERITA TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS III DI SEKOLAH DASAR |
Nama: RANTY MEYLIANA MANOPPO |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Ranty, (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantu Media Dadu BerceritaTerhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas 3 Di Sekolah Dasar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing. Sarintan N Kaharu, S.Pd., M.Pd Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantu media dadu bercerita terhadap keterampilan berbicara siswa kelas 3 di sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen tipe non-equivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas III SDN 2 Tolitoli yang berjumlah 44 orang. Jumlah siswa kelas eksperimen sebanyak 22 orang dan jumlah siswa kelas kontrol 22 orang. Pengambilan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan terdiri atas uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan berbantuan program IBM SPSS Statistic 26. Hasil perhitungan menggunakan uji Independent sample T Tes menunjukkan nilai signifikansi keterampilan berbicara siswa 0,000. Pengujian dilakukan dengan taraf signifikansi 5% (0,05). Kriteria pengambilan keputusan untuk menerima atau menolak data hasil analisis Independent sample T Tes dengan taraf nilai signifikansi < 0,05 maka Haditeima dan H0 ditolak. Hasil uji T Tes ini menandakan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulakan bahwa ada pengaruh model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantu media dadu terhadap keterampilan berbicara siswa kelas 3 di sekolah dasar. Kata kunci: Contextual Teaching and Learning (CTL), Dadu Bercerita, Keterampilan Berbicara |