Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS HOTS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SDN 2 MOLOWAGU
Nama: NURATIA RAHMI
Tahun: 2025
Abstrak
Nuratia Rahmi, 2024. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis HOTS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sdn 2 Molowagu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Muhammad Aqil. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas VI SDN 2 Molowagu pada mata pelajaran bahasa indonesia yang berbasis HOTS. Maka dari itu penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI dengan menggunakan model pembelajaran berbasis HOTS agar siswa terbiasa dengan pembelajaran yang berbasis HOTS. Penelitian ini dilaksanakan dikelas VI yang berjumlah 11 orang siswa, yang terdiri atas 2 orang perempuan dan 9 orang laki-laki yang terdaftar pada tahun 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari proses perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang mengacu pada metode penelitian mix method kuantitatif dan kualitatif. Pada tes awal siswa belum menunjukan hasil maksimal namun pada penelitian siklus I dan siklus II hasil belajar siswa semakin meningkat mulai dari skor keseluruhan hanya 95 meningkat jadi 118 hingga 133, kemudian nilai keseluruhan yang hanya 643 menjadi 775 hingga 883, kemudian persentase daya serap klasikal yang hanya 57,5% menjadi 71,5% hingga 80,60%, kemudian ketuntasan belajar klasikal yang hanya 27,2% menjadi 63% hingga 90%. Hal ini menunjukan bahwa menggunakan model pembelajaran berbasis HOTS sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Model Pembelajaran HOTS, Hasil Belajar Siswa

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up