Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenggunaan Media Pembelajaran Non Digital Roda Putar Untuk Meningkatkan Literasi Pada Siswa Di SD Inpres 3 Talise
Nama: WINDA PEBRIANA LARASATI
Tahun: 2024
Abstrak
Winda, (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Non Digital Roda Putar Untuk Meningkatkan Literasi Pada Siswa di SD Inpres 3 Talise. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing, Sarintan N Kaharu. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang Penggunaan Media Pembelajaran Non Digital Roda Putar Untuk Meningkatkan Literasi Pada Siswa di SD Inpres 3 Talise. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang pada hakikatnya merupakan penelitian yang sengaja dimunculkan di kelas, dan bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Penelitian ini mengikuti model penelitian yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat tahapan, yaitu: (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres 3 Talise, tahun ajaran 2023/2024 dengan subjek penelitian siswa kelas II yang berjumlah 26 siswa yang terdiri dari 18 siswa laki- laki dan 8 siswa perempuan. Adapun teknik yang dilakukan dalam pengumpulan data penelitian ini adalah Non Tes dan Tes. Pengumpulan data non tes berupa Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Sedangkan pengumpulan data Tes melalui tes essay. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama proses kegiatan pembelajaran dengan penggunaan Media Pembelajaran Non Digital Roda Putar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dikelas II pada siklus I, memperoleh presentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 69,23% yang meningkat dari pelaksanaan Pra Tindakan yang memperoleh presentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 53,85%. Adapun perolehan peningkatan yang didapatkan dari Pra tindakan ke siklus I adalah 15,38%. Selanjutnya pada tahapan siklus ke II, peningkatan hasil literasi siswa semakin terlihat signifikan, dimana hasil presentase ketuntasan belajar klasikal yang diperoleh sebesar 80,77%, yang menunjukkan adanya peningkatan hasil literasi siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 11,54%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Media Pembelajaran Non Digital Roda Putar terhadap siswa kelas II di SD inpres 3 Talise dapat meningkatkan kemampuan literasi siswa.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up