JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SDN 9 SINDUE |
Nama: FITRIANI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Fitriani, 2024. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di SDN 9 Sindue” Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Muhammad Aqil , S.Pd M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil hasil belajar Bahasa Indonesia dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang memiliki dua siklus dan empat tahap yaitu Perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas 4 SDN 9 Sindue yang berjumlah 13 orang, yang terdiri dari 7 siswa Perempuan dan 6 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan ada dua yaitu lembar observasi guru dan siswa, serta tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian dan analisis data diketahui bahwa pada siklus I diperoleh ketuntasan belajar individu 6 orang dari 13 siswa, dengan presentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 46,15?n daya serap klasikal sebesar 62,30% serta hasil aktivitas siswa sebesar 46,73 ?ngan kategori cukup dan hasil observasi aktivitas guru sebesar 71,25?ngan kategori baik. Siklus II diperoleh siswa yang tuntas 11 orang dari 13 siswa, dengan presentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 84.61?n daya serap klasikal 81,53% serta hasil observasi aktivitas siswa sebesar 80,76?ngan kategori baik dan hasil observasi aktivitas guru sebesar 88,75?ngan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 9 Sindue pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia. |