JudulMeningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Eksperimen Pada Mata Pelajaran IPA Dikelas IV SD Nurul Islam Tawaeli |
Nama: MARIA VERNANDA KORU |
Tahun: 2024 |
Abstrak Maria Vernanda Koru, 2024: Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Eksperimen Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV SD Nurul Islam Tawaeli. Skripsi, Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Penelitian ini dilaksanakan di SD Nurul Islam Tawaeli, Sulawesi Tengah. Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA di SD Nurul Islam Tawali. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA di SD Nurul Islam Tawaeli melalui metode eksperimen. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan metode penelitian deskriptif dan jenis penelitian partisipatif, yaitu penelitian yang terjun langsung dalam melakukan pembelajaran dengan menerapkan metode eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 23 orang yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Pelaksanaan penelitian ini mengikuti tahap penelitian yang disebut siklus. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan, penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Nurul Islam Tawaeli dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode eksperimen. Hal ini ditunjukan oleh rata-rata presentase Ketuntasan Belajar Klasikal (KBK) sebesar 73,9% pada siklus 1 menjadi 95,65% pada siklus 2. Kata kunci: Metode Eksperimen, Hasil Belajar. |