Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPembelajaran Seni Rupa Barang Bekas Berbasis Proyek Dengan Menggunakan Pendekatan STEAM Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas IV SD Inpres 1 Tanamodindi
Nama: KADEK SINTIANI
Tahun: 2024
Abstrak
Kadek Sintiani, (2023). Pembelajaran Seni Rupa Barang Bekas Berbasis Proyek dengan Menggunakan Pendekatan STEAM Untuk Menigkatkan Kreativitas Siswa Kelas IV SD Inpres 1 Tanamodindi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Kadek Hariana, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa pada pembelajaran seni rupa barang bekas dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek melalui pendekatan STEAM. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindak Kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Tanggart. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Inpres 1 Tanamodindi tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 22 siswa terdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan. Analisis data terdiri dari lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi kreativitas siswa. Pelaksanaan pra tindakan diperoleh kereativitas siswa masih tergolong rendah, pada siklus I dan siklus II di peroleh kreativitas siswa sebesar 68,18?n 86,36%%. Hasil aktivitas siswa siklus I dan siklus II sebesar 63,63?n 81,81%%. Hasil aktivitas guru siklus I dan siklus II sebesar 89,47?n 96,05%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran seni rupa barang bekas berbasis proyek dengan menggunakan pendekatan STEAM dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas IV SD Inpres 1 Tanamodindi. Kata kunci: Seni rupa barang bekas, model pembelajaran berbasis proyek, STEAM dan kreativitas.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up