JudulPengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPA Di Kelas IV SD Inpres 1 Tanamodindi |
Nama: WINA RAVINA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Wina Ravina, (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPA di Kelas IV SD Inpres 1 Tanamodindi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Dr. Zulnuraini S.Pd., M.Pd. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA di kelas IV SD Inpres 1 Tanamodindi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah quasi-experimental dengan bentuk desain berupa nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas IV SD Inpres 1 Tanamodindi Kecamatan Mantikulore, yang berjumlah 42 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 42 siswa yaitu 21 siswa dari kelas eksperimen dan 21 siswa dari kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Analisis data yang dilakukan terdiri atas uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan berbantuan program IBM SPSS Statistics 26. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan uji paired sample T test pada taraf nyata 5% (0,05) diperoleh nilai signifikan 0,000. Karena nilai signifikan T-test < 0,05 (0,000 < 0,05) maka Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA di kelas IV SD Inpres 1 Tanamodindi. |