Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Model Pembelajaran PjBL Terhadap Keterampilan Kolaborasi Siswa Pada Pembelajaran IPA Di Kelas VI SD Inpres 1 Tanamodindi
Nama: NI PUTU DEVI HANDAYANI
Tahun: 2024
Abstrak
Ni Putu Devi Handayani, (2024). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Keterampilan Kolaborasi Siswa Pada Pembelajaran IPA di Kelas VI SD Inpres 1 Tanamodindi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Dr. Zulnuraini S.Pd., M.Pd Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran Project Based Learning terhadap keterampilan kolaborasisiswa pada pembelajaran IPAdi kelas VI SD Inpres 1 Tanamodindi.Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VI SD Inpres 1 Tanamodindi yang berjumlah 52 orang. Siswa kelas eksperimen berjumlah 26 orang dan siswa kelas kontrol berjumlah 26 orang. Pengambilan data yang dilakukan menggunakan angket kolaborasi siswa. Analisis data yang dilakukan terdiri atas uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan berbantuan program IBM SPSS Statistics 23. Berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan uji paired sample T test pada taraf nyata 5% (0,05) diperoleh nilai signifikan 0,000 maka hasil penelitian ini menunjukkan hasil nilai signifikan 0,000 < 0,05 maka Ho (hipotesis nol) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Project Based Learning terhadap keterampilan kolaborasi siswa pada pembelajaran IPA di kelas VI SD Inpres 1 Tanamodindi. Kata kunci: Project Based Learning, keterampilan kolaborasi

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up