Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BIG BOOK TERHADAP MINAT MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS II SD INPRES 2 KAMONJI
Nama: NURWAHIDA F. RAHMAN
Tahun: 2024
Abstrak
ABSTRAK Nurwahida F. Rahman, (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Big Book Terhadap Minat Membaca Peserta Didik Kelas II SD Inpres 2 Kamonji. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Dr. Zulnuraini, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran big book terhadap minat membaca peserta didik kelas II SD Inpres 2 Kamonji. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain One GroupPrestest-posttestDesign. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas II SD Inpres 2 Kamonji dengan teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan peserta didik kelas II yang berjumlah 22 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu berupa tes dan angket yang dianalisis secara statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran big book terhadap minat membaca peserta didik kelas II SD Inpres 2 Kamonji terlaksana dengan baik. Minat membaca peserta didik pada saat pretest berada pada dua kategori yaitu rendah dan sedang, dan pada saat posttest juga berada pada dua kategori tinggi dan sangat tinggi. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji paired sample t-test (uji-t) adalah signifikan 2-tailed = 0,000 pada paired samples t – test dari 22 peserta didik. Nilai 0,000 < 0,05, maka dapat dinyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan minat membaca peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran big book, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media pembelajaran big book terhadap minat membaca peserta didik. Kata Kunci : Media pembelajaran big book, minat membaca

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up