Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA IPA KELAS V SD INPRES 3 TONDO
Nama: AGUSTIANI MOH SAID
Tahun: 2024
Abstrak
ABSTRAK Agustiani Moh Said, (2024). Pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Siswa IPA Kelas V SD Inpres 3 Tondo. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Dosen Pembimbing: Nurul Fitriah Aras. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Siswa IPA di SD Inpres 3 Tondo. Jenis Penelitian ini adalah quasi eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Inpres 3 Tondo. Sampel pada penelitian ini berjumlah 56 siswa dari kelas VA dan VB, yang terdiri dari 28 siswa kelas VA sebagai kelas eksperimen dan 28 siswa kelas VB sebagai kelas kontrol. Tehnik pengumpulan data yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Data penelitian ini dianalisis secara statistik untuk mencari tahu pencapaian signifikan antara dua kelompok, kelompok eksperimen menggunakan model pembelajaran Index Card Match memperoleh nilai rata-rata posttest 69.86 sedangkan kelas kontrol menggunakan model konvensional memperoleh nilai rata-rata posttest 54,71. Berdasarkan nilai signifikan Independent Sample T-Test adalah 0,001, karena nilai signifikan T-test < 0,05 (0,001 < 0,05) dilakukan pada taraf signifikan 5% (0,05), maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Index Card Match terhadap hasil belajar siswa IPA kelas V SD Inpres 3Tondo. Kata Kunci : Index Card Match, Hasil Belajar siswa, IPA di SD

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up