Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Model Pembelajaran Game Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas II SDN 3 Palu
Nama: AZZAHRA ANDIEN KUSUMA
Tahun: 2024
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Game Based Learningterhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas II SDN 3 Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain quasi eksperimen dengan dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 3 Palu dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Samplingdengan siswa kelas II yang berjumlah 48 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes (Pretest dan Posttest), observasi dan dokumentasi. Alat pengumpul data berupa soal tes yang sebelumnya telah diujikan dan dianalisis dengan validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data berupa kuantitatif. Data yang diperoleh dari penelitian dianalisis menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Game Based Learningdapat memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas II SDN 3 Palu. Analisis data awal menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis. Hasil analisis uji hipotesis menggunakan uji paired sample t-test(uji-t) adalah signifikan 2-tailed = 0,000. Nilai 0,000 < 0,05, maka dapat dinyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Game Based Learningterhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up