JudulKEEFEKTIFAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE (BARLINE) TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA PADA SISWA DI KELAS IV SD INPRES 8 MAMBORO |
Nama: ALFI RAMDA SUDU |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Alfi Ramda Sudu, 2024. Keefektifan Media Interaktif Berbasis Articulate Storyline (Barline) terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA pada Siswa Kelas IV SD Inpres 8 Mamboro. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Azizah, S.Si., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat keefektifan penggunaan media interaktif barline terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA pada siswa kelas IV SD Inpres 8 Mamboro. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. sampel yang diambil yaitu kelas IV A dan Kelas IV B dengan jumlah masing-masing siswa sebanyak 24 siswa. Penelitian ini menggunakan satu variable independent yaitu penggunaan media interaktif berbasis articulate storyline (X) dan satu variable dependen yaitu hasil belajar (Y). Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer yaitu data yang langsung dikumpulkan oleh penelitian dari sumber pertamanya, berupa nilai-nilai intrumen soal pretest dan posttest. Metode penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimental (eksperimen semu) dengan jenis Non-Equevalent Control Group dengan melibatkan dua kelas yang diberikan perlakuan yang berbeda yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis deskriptif dan inferensial. Hasil dari penelitian ini diketahui nilai signifikan paired sample t-test adalah 0,000. Karena nilai signifikan t-test < 0,05 (0,000 < 0,05) maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pada media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline (X) efektif terhadap hasil belajar (Y) mata pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SD Inpres 8 Mamboro. Kata Kunci: Keefektifan, Articulate Storyline, Hasil Belajar, Pembelajaran IPA |