JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI BERBASIS APLIKASI POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS IV SD INPRES 1 TANAMODINDI |
Nama: NUR KAMILAH |
Tahun: 2025 |
Abstrak Nur Kamilah, 2025. “Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Berbantuan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Powtoon Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SD Inpres 1 Tanamodindi”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing Zulnuraini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajarn Course Review Horay (CRH) Berbantuan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Powtoon Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SD Inpres 1 Tanamodindi. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas IV SD Inpres 1 Tanamodindi Tahun Ajaran 2024/2025 berjumlah 47 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan IV B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan dat menggunakan tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah instrument tes pilihan ganda yang telah diui validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas serta pengujian hipotesis menggunakan uji Independent Sample t Test yang dianalisis menggunakan SPSS versi 25. Berdasarkan hasil analisis hasil uji Independent Sampel t Test diperoleh nilai signifikan (Sig. 2-tailed) dari Pretest dan Postest kelas eksperimen sebesar 0,000<0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Course Review Horay (CRH) berbantuan media video animasi berbasis aplikasi powtoon terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD Inpres 1 Tanamodindi. Kata Kunci: Model pembelajaran Course Review Horay (CRH), Video animasi, Aplikasi Powtoon, Hasil belajar, IPAS. |