Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Terhadap Keterampilan Membaca Bahasa Indonesia Siswa Kelas II SD Inpres 3 Tondo
Nama: SUKMA MINARNI LUMUAN
Tahun: 2025
Abstrak
Sukma Minarni Lumuan, (2024). Pengaruh Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Keterampilan Membaca Bahasa Indonesia Siswa Kelas II SD Inpres 3 Tondo. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Dosen Pembimbing: Nurul Fitriah Aras. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Keterampilan Membaca Bahasa Indonesia. Jenis Penelitian ini adalah quasi eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di kelas II SD Inpres 3 Tondo. Sampel pada penelitian ini berjumlah 40 siswa dari kelas IIA dan IIB, yang terdiri dari 20 siswa kelas IIA sebagai kelas eksperimen dan 20 siswa kelas IIB sebagai kelas kontrol. Tehnik pengumpulan data yaitu tes dan dokumentasi. Data dianalisis secara statistik untuk mencari tahu pencapaian signifikan antara dua kelompok, kelompok eksperimen menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition memperoleh nilai rata-rata posttest 92.62 sedangkan kelas kontrol menggunakan model konvensional memperoleh nilai rata-rata posttest 87,62. Berdasarkan nilai signifikan Independent Sample T-Test adalah 0,000, karena nilai signifikan T-test <0,05 (0,000 <0,05) dilakukan pada taraf signifikan 5% (0,05), maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model cooperative integrated reading and composition (CIRC) terhadap keterampilan membaca bahasa Indonesia siswa kelas II SD Inpres 3 Tondo. Kata Kunci : Model Cooperative Integrated Readinga and Composition (CIRC), Keterampilan Membaca, Bahasa Indonesia, Siswa SD.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up