JudulPENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE (BARLINE) BAGI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR |
Nama: RINI RIANI |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Rini Riani, 2024. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline (Barline) Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Dosen Pembimbing Azizah, S.Si., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, menguji kevalidan dan kepraktisan dari Multimedia Interaktif Barline pada materi mengubah bentuk energi bagi siswa kelas IV Sekolah Dasar. Metode penelitian yang diterapkan adalah metode Research and Development (R&D) dengan model penelitian dan pengembangan Sugiyono dengan dibatasi 7 tahapan saja. Analisis data secara kuantitatif dan kualitatif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif barline mendapatkan skor untuk validasi ahli media sebesar 91,24?ngan kriteria sangat valid adapun validasi ahli materi mendapatkan skor sebesar 86,30?ngan kriteria sangat valid. Peneliti mendapatkan perolehan skor rata-rata nilai dari uji validasi ahli yaitu sebesar 88,77% skor tersebut masuk pada kategori sangat valid. Sedangkan berdasarkan hasil uji kepraktisan yang telah dilakukan oleh pengguna, baik pengguna siswa mendapat skor sebesar 93,33?n pengguna guru mendapat skor sebesar 92,5%. Sehingga peneliti mendapatkan perolehan skor rata-rata dari nilai uji kepraktisan pengguna yaitu sebesar 92,91% skor tersebut masuk pada kategori sangat praktis. Dapat simpulkan bahwa multimedia interaktif barline pada materi mengubah bentuk energi yang dikembangkan telah valid dan praktis dalam pembelajaran IPA di kelas IV Sekolah Dasar. Sehingga layak sebagai acuan media pembelajaran yang menggunakan teknologi digital. Kata Kunci: Pengembangan, Multimedia, Articulate Storyline, Pembelajaran IPA. |