Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Penggunaan Media Bigbook Terhadap Keterampilan Membaca Siswa Kelas II SD Inpres 3 Talise
Nama: FATONA FEYBIANA
Tahun: 2024
Abstrak
ABSTRAK Fatona Feybiana, (2024). Pengaruh Penggunaan Media Bigbook Terhadap Keterampilan Membaca Siswa Kelas II SD Inpres 3 Talise. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Dosen Pembimbing: Dr. Zulnuraini, S.Pd.,M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Bigbook terhadap keterampilan Membaca Siswa Kelas II. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di kelas II SD Inpres 3 Talise. Sampel pada penelitian ini berjumlah 44 siswa dari kelas II A dan II B, yang terdiri dari 22 siswa kelas IIA sebagai kelas eksperimen dan 22 siswa kelas IIB sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini adalah observasi, tes hasil Keterampilan membaca siswa berupa soal berbentuk teks bacaan dan dokumentasi. Data dianalisis secara statistik untuk mencari tahu pencapaian signifikan antara dua kelompok, kelompok eksperimen menggunakan media Bigbook memperoleh nilai rata-rata posttest 82.95 sedangkan kelas kontrol menggunakan model konvensional memperoleh nilai rata-rata posttest 79.09. Berdasarkan nilai signifikan Paired Sample T-Test adalah 0,000, karena nilai signifikan T-test < 0,05 (0,000 < 0,05) dilakukan pada taraf signifikan 5% (0,05), maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan Media Bigbook terhadap Keterampilan membaca siswa kelas II SD Inpres 3 Talise. Kata Kunci : Media Bigbook, Keterampilan Membaca

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up