JudulPeningkatan Kreativitas Dan Hasil Belajar IPS Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Pada Siswa Kelas V SD Negeri Astina |
Nama: NI MADE WIDYANIDHI |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Ni Made Widyanidhi, 2020. Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar IPS Melalui Penerapan Model Pembelajaran inkuiri Pada Siswa Kelas V SD Negeri Astina Kecamatan Torue Kabupaten Parigi Moutong. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Arif Firmansyah Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 s?klus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observas?, dan refleksi Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, tes, dan dokumentasi Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru kreativitas siswa dan hasil belajar dalam pembelajaran IPS melalui penerapan model pembelajaran Inkari. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Astina. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama proses penelitian minat dan antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran mengalami peningkatan dilihat dari hasil observasi Pada siklus I aktivitas siswa persentase aktivitas siswa sebesar 66%, dan pada siklus II meningkat menjadi 79%. Selain aktivitas siswa, ketrampilan guru juga mengalami peningkatan pada siklus I persentase ketrampilan guru 69%, dan siklus Il mencapai 91%. Dilihat dari ketuntassan hasil belajar siswa dari s?klus 1 hingga s?klus II mengalami peningkatan. Pada s?klus I rata-rata nilai 62,1 dengan ketuntasan klasikal 63?n pada s?klus II rata-rata nilai 77,89 dengan ketuntasan klasikal 89?rarti di akhir s?klus Il sudah menunjukkan ketuntasan belajar sesuai dengan indikator keberhasilan. Kata kunci: Model Pembelajaran Inkuiri, Hasil Belajar, IPS |