JudulPERANAN GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD INPRES 3 TONDO |
Nama: NUNUNG DAMAYANTI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Nunung Damayanti, 2025. Peranan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD Inpres 3 Tondo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing. Dr. Yusdin Bin Mahmud Gagaramusu, Lc., M.Ed. Gaya belajar siswa memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar yang dicapai oleh siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SD Inpres 3 Tondo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Gaya belajar merupakan cara termudah yang dimiliki oleh individu dalam menyerap, mengatur, dan mengolah informasi yang diterima. Gaya belajar yang sesuai adalah kunci keberhasilan siswa dalam belajar. Gaya belajar visual adalah gaya belajar dengan cara melihat, mengamati, memandang dan sejenisnya. Kekuatan gaya belajar ini terletak pada indera penglihatan. Gaya belajar Auditorial adalah gaya belajar dengan cara mendengar. Gaya belajar kinestetik adalah gaya belajar dengan cara bergerak, bekerja dan menyentuh. Prestasi belajar merupakan hasil dari pengukuran terhadap peserta didik yang meliputi faktor kognitif, afektif dan psikomotor setelah mengikuti proses pembelajaran yang diukur dengan menggunakan instrumen tes yang relevan. Peserta didik berprestasi memiliki preferensi yang serupa, dengan intensitas gaya belajar yang meningkat dari visual ke kinestetik, kemudian auditorial. Gaya belajar kinestetik menempati posisi kedua dalam hierarki gaya belajar mereka. Sementara itu, JE dan EV menunjukkan kecenderungan yang sama dengan intensitas gaya belajar yang meningkat dari auditorial ke kinestetik, lalu visual. Ksta Kunci: Gaya Belajar Visual, Gaya Belajar Auditori, Gaya Belajar Kinestetik, Prestasi Belajar |