JudulAnalisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran IPA Melalui Model Project Based Learning Di SDN 2 Talise |
Nama: SIWI ASTUTI TRI RUDIANI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam berpikir kreatif dalam pembelajaran IPA melalui model Project Based Learning siswa kelas V SDN 2 Talise. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Subjek pada penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas V. Instrumen dalam penelitian ini adalah berupa lembar observasi dan lembar wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian ini menjunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning untuk siswa kelas V SDN 2 Talise pada pelajaran IPA dengan materi ekosistem dan pembuatan diorama ekosistem mampu memberikan dampak positif pada materi yang telah disampaikan. Dalam proses tersebut siswa lebih mudah memahami materi yang telah disampaikan. Dalam proses pembelajaran tersebut memunculkan kemampuan kreatifitas siswa, seperti kemampuan berpikir lancar (fluency), kemampuan berpikir luwes (flexibility), kemampuan berpikir orisinal (originality), dan kemampuan berpikir rinci (elaboration). |