JudulPengaruh Kepemimpunan Guru Dan Keterampilan Manajemen Kelas Terhadap Perilaku Belajar Siswa Kelas V SDN 2 Talise |
Nama: NURAIDA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pengaruh kepemimpinan guru dan keterampilan manajemen kelas terhadap perilaku belajar siswa kelas V SDN 2 Talise. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Adapun populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 2 Talise, dan diperoleh sampel sebanyak 28 responden. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket. Hasil pengujian hipotesis pertama dengan uji parsial (uji t) diperoleh = - 2,965 > = 2,059 dengan signifikansi 0,007 < 0 xss=removed> = 2,059 dengan signifikansi 0,008 < 0 xss=removed> = 3,37 dengan signifikansi 0,002 < 0,05 berarti Ho ditolak dan terima Ha. Berdasarkan data tersebut variabel kepemimpinan guru dan manajemen kelas secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku belajar siswa. |