Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD INPRES 3 TONDO
Nama: SAKINAH NUDIN
Tahun: 2024
Abstrak
Sakinah Nudin, (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas V SD Inpres 3 Tondo. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Dosen Pembimbing: Nurul Fitriah Aras, S.Pd.,M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jenis Penelitian ini adalah quasi eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Inpres 3 Tondo. Sampel pada penelitian ini berjumlah 56 siswa dari kelas VA dan VB, yang terdiri dari 28 siswa kelas VA sebagai kelas eksperimen dan 28 siswa kelas VB sebagai kelas kontrol. Tehnik pengumpulan data yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Data dianalisis secara statistik untuk mencari tahu pencapaian signifikan antara dua kelompok, kelompok eksperimen menggunakan model pembelajaran Role Playing memperoleh nilai rata-rata posttest 70,29 sedangkan kelas kontrol menggunakan model konvensional memperoleh nilai rata-rata posttest 54,82. Berdasarkan nilai signifikan Independent Sample T-Test adalah 0,000, karena nilai signifikan T-test < 0,05 (0,000 < 0,05) dilakukan pada taraf signifikan 5% (0,05), maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran role playing terhadap hasil belajar bahasa Indonesia kelas V SD Inpres 3Tondo. Kata Kunci : Model Pembelajaran Role Playing, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia di SD

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up