JudulAnalisis Penggunaan Aplikasi Tiktok Pada Pola Belajar Siswa Kelas VI Sdn 08 Mayoa |
Nama: SUCI AINI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Suci Aini, 2024 “Analisis Penggunaan Aplikasi Tiktok Pada Pola Belajar Siswa Kelas VI SDN 08 Mayoa” Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing, Dr. Andi Imrah Dewi, S.Pd.,M.Sn. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak penggunaan media sosial berbasis TikTok pada pola belajar siswa kelas VI SDN 08 Mayoa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI di SDN 08 Mayoa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan penyebaran angket. Teknik analisis data melalui 3 tahap yaitu tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil wawancara dan penyebaran angket, Dampak yang diperoleh siswa kelas VI SDN 08 Mayoa dari penggunaan aplikasi TikTok yaitu siswa lebih menyukai menonton konten di TikTok karena konten yang tersedia sangat menghibur. Begitupun, konten edukasi seperti konten yang membagikan tentang referensi-referensi pelajaran juga dapat membantu siswa belajar melalui konten tersebut. Disela-sela waktu belajar, siswa menggunakan aplikasi TikToknya sebagai media hiburan. Hal tersebut membuat adanya perubahan terhadap pola belajar siswa yang membuat siswa menjadi malas dan kurang berkonsentrasi ketika belajar di rumah jika sudah terlalu asik menggunakan aplikasi TikTok. Lawa waktu yang siswa gunakan dalam Aplikasi TikTok sangat berpengaruh dalam pola belajar mereka. Kebanyakan siswa, jika sudah terlalu asyik memainkan TikTok maka menjadi malas untuk belajar. Hal tersebut membuat pola belajar menjadi terganggu sehingga dapat menurunkan prestasi belajar mereka. Jadi, dapat disimpulkan bahwa adanya dampak penggunaan media sosial berbasis TikTok pada pola belajar siswa kelas VI SDN 08 Mayoa. Kata Kunci: Analisis, TikTok, Pola Belajar |