JudulEFEKTIVITAS E-MODUL SERLI BERBASIS ANDROID (E-MODULE SEROID) PADA MATERI TATA SURYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SD INPRES BUMI SAGU |
Nama: FITRIANI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas E-Modul Serli Berbasis Android (E-Modul Seroid) Pada Materi Tata Surya Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI SD Inpres Bumi Sagu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan pada dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Eksperimen Design dengan bentuk control group Pre-Test Post-Test Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VI SD Inpres Bumi Sagu yang berjumlah 46 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIA sebagai kelas kontrol dan kelas VIB sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes soal pilihan ganda yang telah diuji validitas. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik. Pada analisis deskriptif memaparkan nilai mean, skor maksimum dan standar deviasi. Analisis statistik digunakan untuk menguji hipotesis. Pengujian hipotesis menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test berbantuan program SPSS For Windows 25. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan nilai signifikasi 0,000 < 0,05, maka menerima hipotesis Ha dan menolak hipotesis Ho, artinya penggunaan E-Modul Serli berbasis Android (E-Modul Seroid) pada materi tata surya efektif digunakan terhadap hasil belajar siswa kelas VI SD Inpres Bumi Sagu. Jadi dapat disimpulkan bahwa E-Modul Serli Berbasis Android (E-Modul Seroid) pada materi tata surya efektif digunakan terhadap hasil belajar siswa kelas VI SD Inpres Bumi Sagu. |