JudulPENGARUH KEMAMPUAN GURU YANG BERSERTIFIKASI DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI WAYURA |
Nama: FRISKIANTO NGGEGO |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untu mengetahui pengaruh kemampuan guru yang bersertifikasi dalam peningkatan kemampuan belajar siswa kelas V SD Negeri Wayura. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri Wayura. Adapun sampel pada penelitian ini sebanyak 10, yaitu 9 siswa dan seoarang guru. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket. Hasil pengujian hipotesis pertama dengan uji parsial (uji T) diperoleh T hitung = - 2,444 > T tabel = 2,365 dengan signifikansi 0,045 < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan penjelasan di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa adanya pengaruh kemampuan guru yang bersertifikasi dalam meningkatkan kemampuan belajar siswa kelas V SD Negeri Wayura. Kemudian hasil penguiian kedua yaitu koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,678 (67,8%). Angka tersebut mengandung arti bahwa pengaruh kemampuan guru yang besertifikasi terhadap kemampuan belajar siswa sebesar 67,8%. Berdasarkan analisis yang dilakukan, dapat disimpulkam bahwa ada pengaruh kemampuan guru yang besertifikasi terhadap kemampuan belajar siswa kelas V SD Negeri Wayura. |