JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD INPRES 3 TONDO |
Nama: I MADE RIKI ARIANTO |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK I Made Riki Arianto, (2024). Pengaruh Model Pembelajaran inkuiri berbantuan media video terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA di Kelas V SD Inpres 3 Tondo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Azizah. S.Si. M.Pd. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran inkuiri berbantuan media video terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas V SD inpres 3 Tondo. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan quasi eksperimen design dengan jenis desain penelitian none equivalent control group design. Populasi penelitian ini seluruh peserta didik kelas VA dan VB yang berjumlah 46 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh yang berarti mengambil data seluruh siswa pada kelas VA dan VB. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Tes yang digunakan adalah tes pilihan ganda dan non tes berupa wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian iniyaitu analisis statistik inferensial. Berdasarkan Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji Paired Simple T test pada taraf nyata 5% (0,05) diperoleh nilai signifikan 0,000. Karena nilai signifikan T-test < 0,05 (0,000 < 0,05) maka Ha di terima dan Ho di tolak. Maka dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran inkuiri berbantuan media video terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas V SD Inpres 3 Tondo. Kata kunci : hasil belajar IPA, model pembelajaran inkuiri, media video |