Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulAnalisis Kemampuan Numerasi Siswa Berdasarkan Hasil Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Di SD Inpres Maponu
Nama: MONA YULIA
Tahun: 2025
Abstrak
Mona Yulia, 2024. Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Berdasarkan Hasil Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) di SD Inpres Maponu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Herlina, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan numerasi siswa berdasarkan hasil Asesmen Kompetensi Minimum. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di SD Inpres Maponu Kecamatan Sarjo, Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes kemampuan numerasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian ditemukan bahwa hasil asesmen kompetensi minimum siswa 2 memiliki kemampuan numerasi rendah dengan nilai rata-rata 19,01%. 2 Siswa memiliki kemampuan numerasi sedang dengan nilai rata-rata 34,37%. Kemudian 2 siswa memiliki kemampuan numerasi tinggi dengan nilai rata-rata 46,61%. Dari hasil tes yang didapat nilai rata-rata Asesmen Kompetensi Minimum Numerasi SD Inpres Maponu secara keseluruhan yaitu 64%. Hal ini menunjukan bahwa kemampuan numerasi siswa di SD Inpres Maponu masuk kedalam kategori sedang. Pada setiap siswa yang mendapatkan nilai rendah, sedang, maupun tinggi terdapat kendala sendiri-sendiri dalam pengerjaannya. Kata kunci : Numerasi, Asesmen Kompetensi Minimum

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up