JudulPENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD INPRES MALEALI |
Nama: NI PUTU GEBY APRILIA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Permasalahan utama yang terjadi dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Inpres Maleali. Upaya yang bisa dilakukan adalah dengan pembelajaran yang kreatif dan inovatif, guna meningkatkan hasil belajar IPS siswa, melihat manfaat materi yang dipelajari dengan menghubungkannya dengan dunia nyata yang sesuai dengan pengalaman belajarnya, salah satunya model Problem Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah). Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V di SDN Inpres Maleali. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus dan berakhir di siklus II karena dinyatakan telah berhasil, siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian siswa Kelas V di SDN Inpres Maleali berjumlah 28 siswa, terdiri dari 15 laki-laki dan 13 perempuan. Hasil analisis tes dilakukan pada siklus II, diketahui dari 28 orang siswa yang mengikuti tes hanya 3 orang siswa yang tidak tuntas sehingga persentase ketuntasan belajar klasikal mencapai 89,28%. Peningkatan hasil belajar ini tersebut telah mencapai indikator yang ditetapkan yaitu KBK lebih dari atau sama dengan 85%, sedangkan daya serap klasikal mencapai 71,25% yang juga telah mencapai indikator yang ditetapkan yaitu DSK lebih dari atau sama dengan 65%. Berikut ini adalah uraian peningkatan hasil analisis tes hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Siklus I ketuntasan belajar klasikal 53,28% meningkat menjadi 89,28% pada tindakan siklus II serta persentase ketuntasan daya serap individu pada siklus I 61,42% meningkat menjadi 71,25% pada siklus II pada proses pembelajaran IPS. Kata Kunci: Model Problem Based Learning; Hasil Belajar; Pembelajaran IPS. |