JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMTING BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD INPRES 3 TALISE |
Nama: I GEDE WAHYU PRAYOGA |
Tahun: 2024 |
Abstrak I Gede Wahyu Prayoga, (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Probing Promting Berbantuan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SD Inpres 3 Talise. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Sarintan N. Kaharu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh terhadap hasil belajar siswa di kelas IV dengan menggunakan model pembelajaran probing promting berbantuan media video animasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Inpres 3 Talise tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 38 siswa, 21 siswa dari kelas eksperimen dan 17 siswa dari kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengambilan data dilakukan menggunakan tes pilihan ganda. Analaisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis paired sampel t test dengan berbantuan SPSS Statistic Versi 23. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai sig yaitu 0,000 atau nilai sig < dari taraf yang ditetapkan yaitu 0,05 (0,000 < 0,05), artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran probing promting berbantuan media video animasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Inpres 3 Talise. |