JudulPeran Pojok Baca Dalam Meningkatkan Budaya Literasi Pada Peserta Didik Kelas IV SDN Watusampu |
Nama: DESI RAHMADANI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pojok baca di dalam kelas dan untuk mengetahui budaya literasi yang ada pada peserta didik kelas IV SDN Watusampu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas IV dan peserta didik kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, pengisian kuisioner dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan penelitian yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan diciptakannya sarana pojok baca dapat meningkatkan budaya literasi. Budaya literasi yang terdapat di SDN Watusampu ialah dengan mengadakan program literasi selama 15 menit sebelum memulai pembelajaran formal yang dilakukan di hari selasa, rabu dan kamis. Kegiatan 15 menit membaca sebelum memulai pembelajaran formal dapat meningkatkan budaya literasi pada peserta didik. Adapun pojok baca yang terdapat di kelas IV SDN Watusampu terbukti bermanfaat tinggi, hal ini dibuktikan dari hasil penelitian yang mengatakan bahwa semenjak diciptakannya pojok baca di dalam kelas peserta didik sering berkunjung ke pojok baca disaat watu istirahat atau waktu luang, hal ini dibuktikan dengan hasil persentase peneilitian yaitu 56,00 %. Dalam hal ini peran pojok baca dalam meningkatkan budaya literasi pada peserta didik kelas IV SDN Watusampu memiliki kriteria yang cukup. |