JudulEfektivitas Gerakan Literasi Melalui Pojok Baca Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas IV-A Di SD Negeri 8 Mamboro |
Nama: FITRIA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Fitria, 2024. Efektivitas Gerakan Literasi Melalui Pojok Baca dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa kelas IV-A di SD Negeri 8 Mamboro. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Herlina, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas gerakan literasi melalui pojok baca dalam meningkatkan minat baca siswa kelas IV-A di SD Negeri 8 mamboro. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendektan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah wali kelas IV-A dan seluruh siswa kelas IV-A SD Negeri 8 Mamboro. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan analisis deskriptif. Hasil penelitian dan analisis terhadap data-data penelitian menunjukan bahwa gerakan literasi melalui pojok baca efektif dalam meningkatkan minat baca siswa kelas IV-A di SD Negeri 8 Mamboro. Hal ini dikuatkan dengan perolehan rata-rata kuesioner yang berada pada angka 81,3% atau kategori sangat kuat, kemudian diperkuat oleh data hasil wawancara yang menunjukan bahwa terdapat efektivitas gerakan literasi melalui pojok baca dalam meningkatkan minat baca siswa. Selain itu, data observasi juga menunjukkan hasil yang sama, dimana dari 4 sub indikator yang ada, 3 diantaranya menunjukkan efektivitas gerakan literasi melalui pojok baca dalam meningkatkan minat baca siswa kelas IV-A di SD Negeri 8 Mamboro. |