JudulPenerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kearifan Lokal Di Kelas IV SD Negeri 5 Sindue |
Nama: RISNAWATI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Risnawati, 2024. Penerapan Projek Pengguatan Profil Pelajar Pancasia Tema Kearifan Lokal di Kelas IV SD Negeri 5 Sindue. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. PembimbingDr. Andi Imrah Dewi, S.Pd. M.Sn Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan projek penguatan profil pelajar pancasila tema kearifan lokal di SD Negeri 5 Sindue. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah wali kelas IV dan siswa kelas IV SD Negeri 5 Sindue. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data yang digunkan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan analisis deskriptif. Hasil penelitian dan analisis terhadap data- data penelitian menunjukan bahwa siswa dapat menghargai dan mencintai kearifan lokal yang ada di daerahnya melalui penerapan projek penguata profi pelajar pancasila di kelas IV SD Negeri 5 Sindue. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi dan wawancara bagaimana guru dalam merencanakan, membimbing, dan mengelola proyek P5 serta keterlibatan siswa mulai dari proses awal hingga akhir proyek. Hal ini dikuatkan dengan perolehan prsentase rata-rata yang berada pada angka 80,76%, atau kategori tinggi, menunjukan sikap siswa menghargai dan mencintai kearifan lokal yanga ada di daerahnya. Kata Kunci : Profil Pelajar pancasila, Kearifan Lokal |